Waspada Akun Palsu Perbankan Gunakan Media Sosial

18 Maret 2021 | 121 Kali | Ery Marta

Waspada Akun Palsu Perbankan Gunakan Media Sosial

Jejaring Twitter kini sedang ramai membicarakan akun bodong yang mengatasanamakan perbankkan yang diduga telah melakukan rangkaian penipuan terhadap nasabah, Penipuan diduga melalui live chat di jejaring tersebut.

Modus Penipuan yang digunakan penipu adalah meniru foto profil, nama dan keterangan (biu) dari sebuah akun layanan pelanggan sebuah bank. Akun bodong ini akan membalas cuitan warganet yang bertanya atau mengajukan komplain ke akun resmi bank tersebut.

Para penipu itu menggunakan bot (program otomatis) yang memonitor semua percakapan yang mengandung unsur perkataan dari pihak perbankan dan sebagainya untuk mengirim pesan Otomatis kepada para nasabah yang sedang panik karena mengalami kendala urusan perbankan. 

Adapula yang menambahkan nomor whatsapp (WA) atau nomor telepon yang bisa dihubungi beserta link yang mengarahkan nasabah ke percakapan pribadi. 

Yang paling sering adalah nasabah diarahkan ke whatsapp (WA) 

Oknum penipu juga kerap menindaklanjuti calon korban dengan menelepon atau video call, bahkan menggunakan background seolah berada di kantor dengan logo palsu untuk mengelabui nasabah.

 

TIPS AGAR TERHINDAR

1. Jika ada yang meminta data pribadi melalui akun media sosial (DM), mohon abaikan dan laporkan kepada pihak perbankan. 

2. Perlu di ketahui bahwa whatsapp bussines yang asli milik perbankan memiliki centang biru (account verified) dan hanya berlaku satu arah (tidak bisa untuk menerima komplain nasabah). 

3. Jargan pernah membagikan nomor kartu termasuk nomor CVV atau CVC, ransaksi terakhir, dan kode OTP.

Link Sumber

https://www.instagram.com/p/CMeCzFzj4ju/?utm_source=ig_web_copy_link
Share Artikel Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...