Waspada Pembajak Akun WhatsApp

18 Maret 2021 | 94 Kali | Ery Marta

Waspada Pembajak Akun WhatsApp

Aplikasi perpesanan “Whatsapp” menjadi sangat populer di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Sayangnya, hal ini juga memancing ‘tangan-tangan jahil’ untuk membajak akun whatsapp orang lain. Modus yang paling sering digunakan adalah dengan memindai (scanning) QR Code yang tersedia pada fitur Whatsapp Web di ponsel anda.

Tips yang bisa kita lakukan agar terhindar dari  “Pembajak Whatsapp” :

1. Aktifkan fitur “Lock Whatsapp” Salah satu fitur keamanan terkini yang disematkan Whatsapp adalah fitur pengunci layar. Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui bagian ‘setting’, ‘privacy’, lalu aktifkan fitur ‘screen lock’.

2. Ubah Status “Last Seen” anda menjadi “Nobody” Bagi orang yang benar-benar jahil, informasi status online anda bisa menjadi sangat berguna bagi mereka. Mereka bisa saja memelajari aktifitas anda di Whatsapp. Ketika mereka berhasil mengambil alih akun anda, mereka akan mengikuti kebiasaan waktu online anda.

3. Atur Status “Profile Photo” anda menjadi “My Contacts” Hati-hati juga dengan profile picture anda. Bisa jadi, orang yang tidak dikenal bisa dengan mudah menggunakan gambar anda di akun whatsapp lain.

4. “Deactivate Whatsapp” ketika ponsel anda hilang

5. Jangan lupa log out Whatsapp setelah selesai menggunakan fitur “Whatsapp Web”. Log out bisa dilakukan di PC dan di perangkat mobile anda. Lakukan juga pemeriksaan secara berkala pada informasi “Whatsapp Web” di ponsel anda. Kalau ada yang login dengan akun anda tanpa sepengetahuan anda, segera log out.

Semoga bermanfaat

Link Sumber

https://www.instagram.com/p/B7pxI45gzSO/?utm_source=ig_web_copy_link
Share Artikel Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...