Isu Keamanan QRCode

22 Februari 2021 | 203 Kali | Ery Marta

Isu Keamanan QRCode

Awalnya pada tahun 1994,
QR Code digunakan oleh perusahaan produsen kendaran asal Jepang untuk menandai hasil produksi namun kini QR Code digunakan di berbagai negara melayani berbagai hal.

Melejitnya angka penggunaan smartphone dan penetrasi internet seria terjadinya pandemi Covid-19 membuat penggunaan QR Code semakin meluas dan beragam.

Dibalik kemudahan yang dimiliki ternyata QR Code juga menyimpan risiko. Mulai dari diarahkan untuk mengakses software jahat atau ke form pencurian data pribadi hingga mudah dipalsukan karena memang secara kasat QR Code sulit diidentifikasi.

Gunakan pemindai yang memiliki fitur pengamanan, jangan sembarangan memindai dan analisa alamat yang dituju sebelum dikunjungi.

Link Sumber

https://www.instagram.com/p/CLbrtnurfPC/?utm_source=ig_web_copy_link
Share Artikel Ini :


Sekretariat CIRT Buleleng

Jalan Pahlawan No.1 - Singaraja
Kabupaten Buleleng
Bali

Sosial Media
Tentang Kami

Program inovasi Bidang Persandian berbasis kinerja utama dan unggulan Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Buleleng adalah Satgas Cyber Incident Response Team (CIRT) merupakan tim kolaborasi yang bersinergi dalam merespon cepat penanganan kejahatan siber untuk mengawal pimpinan dan generasi millenial dari selengkapnya...